Rabu, 22 April 2009

Liverpool 4, Arshavin 4


Liverpool - Andrei Arshavin tampil sangat mengagumkan bagi Arsenal dengan mencetak empat gol ke gawang Liverpool. Namun The Reds yang pantang menyerah membuat skor akhir duel keduanya menjadi 4-4.

Pertandingan yang digadang-gadang sebagai mega duel dua tim besar Liga Inggris ini memang berlangsung seru. Delapan gol menjadi suguhan kedua tim di Stadion Anfield, Rabu (22/4/2009) dinihari WIB.

Empat gol Arsenal diborong oleh Arshavin; sementara empat gol Liverpool dibagi rata masing-masing dua gol dari Yossi Benayoun dan dua gol diceploskan oleh Fernando Torres.

Hasil ini merugikan Liverpool yang sedang berkejaran dengan Manchester United di Liga Inggris. Memperoleh tambahan satu poin, The Reds dengan 71 angka memang merebut posisi teratas berkat keunggulan selisih gol, tapi posisi mereka rentan ditinggalkan MU yang masih memiliki dua laga di tangan.

Jalannya pertandingan
Liverpool mencoba mengambil alih kendali permainan semenjak awal. Menit kesembilan, Dirk Kuyt mengirim umpan kepada Yossi Benayoun yang membawanya masuk ke kotak penalti Arsenal. Peluang itu digagalkan oleh Lukasz Fabianski yang keluar sarangnya.

Situasi masih berbahaya bagi Arsenal karena meski Alvaro Arbeloa gagal merebut bola rebound, bola bisa dikuasai Kuyt. Namun Kieran Gibbs dengan sigap membuang si kulit bundar.

Peluang kembali datang menyapa Liverpool di menit 18 saat tendangan keras Fernando Torres menyambut umpan Xabi Alonso harus ditip oleh Fabianski keluar lapangan. Fabianski tampak percaya diri kali ini.

Arsenal baru mengancam gawang Liverpool di menit 28. Tendangan Cesc Fabregas masih melenceng di sisi kanan gawang. Nicklas Bendtner yang berada di dekatnya gagal membelokkan arah bola.

Tak sampai semenit, Arsenal kembali terancam oleh aksi Torres. Sepakan penyerang timnas Spanyol itu masih bisa ditepis Fabianski dan sebelum mencapai Benayoun bola sudah dibuang oleh barisan bek The Gunners.

Arsenal memecahkan kebuntuan di menit 34 melalui kaki Arshavin. Gol ini berawal dari kesalahan Javier Mascherano yang mengakibatkan Samir Nasri bisa menguasai bola di kotak penalti Liverpool.

Nasri lantas mengumpan kepada Fabregas yang kemudian melepas umpan silang mendatar kepada Arshavin yang bebas. Dengan kaki kirinya, striker Rusia itu menjebol gawang Pepe Reina. 1-0 bagi tim tamu.

Tiga menit berselang, Benayoun kembali mengetes Fabianski dengan tendangan kaki kiri yang masih bisa ditepis oleh kiper Polandia itu. Penampilan Fabianski jauh membaik ketimbang saat Arsenal ditekuk Chelsea di Piala FA.

Babak pertama pun usai dengan kedudukan Arsenal tetap unggul 1-0.

Tiga menit babak kedua berjalan, Liverpool berhasil menyamakan kedudukan. Kuyt yang menguasai bola di sayap kanan melepas umpan silang yang ditanduk Torres yang tak terjaga. Bola meluncur masuk ke pojok kiri bawah gawang Arsenal dan skor pun menjadi 1-1.

Hanya butuh delapan menit bagi Liverpool untuk berbalik unggul. Kembali aksi Kuyt yang mengirim crossing ke tengah membawa bencana. Bola disundul Benayoun dan masuk ke gawang. Fabianski menepis bola yang sudah masuk gawangnya setengah meter. Wasit Howard Webb mensahkan gol itu.

Menit 61, Torres nyaris memperlebar keunggulan tuan rumah. Menerima umpan silang mendatar Alonso, Torres menguasai bola dan dengan setengah berbalik badan ia melepas tembakan yang bisa ditangkap Fabianski.

Enam menit kemudian, justru Arsenal yang menyamakan kedudukan jadi 2-2. Arshavin mencetak gol keduanya dengan tendangan deras kaki kanan setelah merebut bola dari kaki Arbeloa.

Arshavin menggenapi performa gemilangnya dengan hat-trick di menit 69. Dari umpan silang Nasri, bola gagal disapu bersih Fabio Aurelio dan jatuh di kaki Arshavin yang dengan sekali sepak menjebol gawang Reina untuk kali ketiga. Tim tamu memimpin 3-2.

Tak mau kalah, Liverpool sudah menyeimbangkan skor lagi di menit 73. Menerima bola dari Albert Riera, Torres menguasai bola di kotak penalti Arsenal dan setelah berbalik badan, tembakan striker Liverpool itu melsak masuk gawang Arsenal. Skor kini 3-3.

Torres nyaris mencetak hat-tricknya pada bilangan menit 81. Menyambut umpan tendangan sudut, sundulan Torres masih bisa dicegah masuk gawang oleh Kieran Gibbs memakai kepalanya.

Dari sepak pojok lanjutannya, bola ditinju Fabianski. Bola rebound menuju Jamie Carragher yang tanpa mengontrol menggenjot bola dengan kaki kanannya, tetapi arah bola masih melebar.

Di menit terakhir pertandingan, bencana terjadi bagi Liverpool. Dari serangan balik, Theo Walcott menggiring bola yang kemudian diumpankan ke Arshavin yang berlari dari belakang. Dengan kaki kirinya, Arshavin menyudahi aksinya dengan gol. Arshavin 4, Liverpool 3.

Liverpool terus mencoba mengejar. Di injury time, pemain pengganti Nabil El Zhar menembak kencang ke gawang Arsenal tetapi Fabianski dengan sigap mengusir si kulit bundar.

Upaya tak kenal lelah The Reds terbayar di menit ketiga masa tambahan waktu. Dari kiri, bola silang disundul Mascherano ke kotak penalti yang gagal dikuasai Ryan Babel. Bola liar disambar Benayoun menjadi gol yang membuat papan skor berubah lagi jadi 4-4.

Meski masih berupaya mencetak gol kelima, upaya Liverpool kali ini tidak berhasil. Kedudukan akhir 4-4 menjadi kesimpulan duel seru kali ini.

Susunan pemain
Liverpool: Reina; Arbeloa, Carragher, Agger, Aurelio; Kuyt (El Zhar 86), Benayoun, Mascherano, Alonso, Riera (Babel 73); Torres

Arsenal: Fabianski; Sagna, Toure, Silvestre, Gibbs; Nasri, Fabregas, Song, Denilson (Walcott 65), Arshavin; Bendtner (Diaby 90)

0 komentar:


musang © 2008. Free Blogspot Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute Blogger Templates